25.11.08

This is The Last, This is The Hardest

Akhirnya, masuk juga ke fase yang paling aku takutkan dari awal. Skripsi. Sejak awal masuk kuliah, aku tau semua akan berjalan mudah, dan pada akhir nanti, akan sesulit apa, aku udah pernah kebayang, and this is it. Aku akhirnya ngalamin, dalam proses pembelajaranku, ini yang terberat. Ujian mental-intelektual nya bener-bener diuji disini. I've been thinking bout it before. And yes it happened.

Terberat adalah bukan pada proses menulisnya, karena sebenernya, untuk jenjang S1, aku bilang adalah proses belajar plagiarisme berkedok replikasi. Parah memang, tapi manusia-manusia kita mungkin sudah kehabisan "ide", tapi sebenernya idealisme mahasiswa kan sangat-sangat kental, kadang ide itu ada, tapi meramunya dalam suatu bentuk penelitian itu yang butuh pemikiran dan butuh orang yang cukup mau "susah" untuk menjalankan sebuah ide orisinil. Misalnya saja Ridwan (bukan nama sebenarnya), seorang temen yang baru aku temui beberapa hari yang lalu dikampus. Aku sempet nanya, gimana skripsi? Dia jawab gini, "ni aku baru aja ketemu Pak Nanang, aku nguji salah satu teori mengenai instrumen dalam Marketing Communication, ngajuin draft proposal dan kerangka pikir, salah smua, disuru cari jurnal "pem-back-up" yang banyak. Yawdah, aku bilang aja, yawdah pak, saya ambil penelitian replikasi aja."
Ataw aku sendiri, diawal ngajuin judul juga udah dipatahkan duluan, bikin engga semangat. Alhasil, saya bilang yang sama kek kalimat akhir Ridwan : yawdah, saya ganti judul aja pak.
Tidak hanya butuh orang-orang yang mau concern akan ilmu dalam membuat sebuah penelitian orisinil, tapi juga butuh support donk, minimal dari seorang dosen pembimbing lah (saya heran juga, dalam disiplin ilmu2 sosial, mostly dosen pembimbing hanya 1 orang), tapi ini, dosen pembimbing bukannya bantu, malah ngasi ujian mental yang kadang2 terlalu berlebihan. Ataw seperti dalam kasus Ridwan, malah sebenernya ya diminta balik balik lagi, ke "penelitian replikasi".

Well, papa pernah bilang gini waktu aku bingung proposal pertama ditolak. "Ndri, yang saya tau, untuk jenjang S1 itu memang tidak begitu susah, hanya pendalaman teori yang ada saja direlevansikan dengan aplikasi dilapangan. Untuk jenjang S2 menguji teori, dan S3 sendiri baru membuat teori baru". Aku manggut-manggut aja, sok ngerti. Yah, yang saya tangkap adalah sistem kita yang membentuk seperti itu, bahwa jenjang S1 misalnya hanya perlu penelitian replikasi (padahal sebenernya plagiat). Hmm.. berarti penelitian Ridwan setara S2?? Hebat. Hebat. Kalo kek gini kan sayang, pola pikir sebenernya udah setara S2, tapi tetep ditarik kebelakang juga. Bingung ah!

Enough tentang ide-ide itu, skarang bahas ttg perilaku Dosen dalam membimbing mahasiswa/i nya (a.k.a ngegosipin dosen). Pertama, maafkan saya sebelumnya bapak2/ibu2 Dosen yang sangat saya hormati, ini cuman curahan hati mahasiswi yang digantung selama 1,5 bulan di Bab 1. Ceritanya si sirik pak, karena ada temen yang dalam 1,5 bulan udah sampek Bab 4. haha.. :)
Jadi gini, blakangan kebanyakan waktu tersita mikiiir aja gimana ya biar bisa lulus cepet, padahal lulus cepet kan tergantung gmn kita nulis, kalo mikir kek gitu mulu ga nulis2 mana bisa lulus cepet. haha.. ga, ga, maksutnya gini, yang aku hadapi skarang adalah bapak Dosen Yth yang rupanya terkenal lama kalo memberi bimbingan mahasiswanya, bukannya kalo stiap kali konsultasi yang lama lho, cuman 5 meniiit aja. Tapi waktu penyelesaian skripsi nya itu yang lumayan lama, pernah seorang dosen laen bilang ke aku gitu, waduh, rupanya sepak terjangnya beliau juga bahkan sudah diakui oleh temen sendiri. kirain cuman gosip belaka. Soalnya beliau jago banget nulis, dan sebenernya tujuan beliau baek, baek banget, biar kita belajar nulis yang bener itu kayak apa (mulia sangad bukan???), kerna sebenernya cara kita selama ini sudah melenceng jauh dari yang sebenernya. "Makanya kalian menulis, dan sekaligus sebagai proses belajar gmn menulis yang baik" kata bapak dosen. Yep. Tujuan yang betul2 mulia sodara sodara!

Kembali ke tujuan, itu tujuan beliaw. Hell no! Beliaw cukup bisa dibilang egois ga ya, ga nanya tujuan kita, secara yang nulis kan kita, bukan beliaw. Tujuan kita adalah "pengin lulus lebih cepet". Tapi ya susah, kalo dari awal tujuan itu engga dikomunikasikan dengan baek. Ikut tujuan beliaw, perang batin!! haha (lebai).

Ok, skarang kita menyorot gimana mereka dalam memberi bimbingan, ataw aku sebut saja ujian mental (bukan nama sebenernya, lhoh???). Kadang2 kebanyakan kasus si, kita udah janji mao ketemu dimana jem brapa gitu, tapi pas dicariin orangnya ga ada, ditelponin, ga aktip ataw aktip tapi ga diangkat, ataw diangkat tapi alesannya lg rapat, disambung janji2 laen bisa ketemu kapan. Huh, janji2 palsu (ceileeeeh..). Yang parah, ada temen yang semacam dihindari sama dosen gitu, tiap coba bikin janji ketemu, adaaa aja alesannya. Ada juga yang ga mao ditemuin dirumah, sekali waktu bisa ke rumahnya, cuman bisa disuru nunggu depan pager, iya, kalo ga apes tu dosen lagi punya anjing, trus anjingnya disuru ngejar kita. beuh!! (papa pernah ngalamin ini, sadisnyaa!!!)

Dulu, waktu awal2 semester sempet depress (beraaaat) ngadepin dosen pembimbing KKN-P. Kasusnya sama, bedanya dulu itu aku terdesak sama hasrat ingin pulang, jadi harus cepet2. Pernah, aku bela2in dari kantor (t4 KKN-P) ujan2 buwat ketemu beliaw dikampus kerna udah janjian, pas dicariin ga ada. Lantas nelpon Hape, ga aktip, trus nelpon rumah, rupanya beliaw sedang tidur siang :) ya, ya, sabaaar, alhasil aku baru boleh nelpon jem 4 sore pas jadwal beliaw dah bangun. Waktu itu sempet bener2 rasanya mao hengkang aja, quit. soalnya lagi numpuk2 si bebannya, engga hanya satu itu, banyaaak. jadinya agak2 lebay menanggapi hal itu, padahal kata papa itu udah biasa. biasa banget. Malah sempet ngetawain.

Terakhir ditelpon kmaren sore papa bilang, "papa kan udah bilang sejak awal, nanti ketika kamu hadapi itu, disisi itu mental sekaligus intelektualitas mu diuji, itu baru jenjang s1 lho. entar kalo S2 bakal lebih berat."

Yah, depends on lucky juga siy, dan daripada aku nggerutu mulu, mending ngetik skripsi yaw!!
Ganbatte!!!
Off I go.
:)

..

2 komentar:

Anonim mengatakan...

nice posting ... salam kenal dari bandung

Ndrie mengatakan...

thankies.. :)