9.2.09

Klapertaart :)

Pernah dengar?? itu nama makanan, sejenis pancake kalo saya bilang, dan rasanya enaak..
which is ingredients by :
4 butir telur ayam, pisahkan putih dan kuningnya
80gr gula pasir
1/2 sdt vanilla
Mentega untuk mengoles
1 sdm gula pasir ekstra
1/4 sdt garam
3 sdm tepung terigu
3 sdm susu kental manis
100 ml air
500gr daging kelapa muda
3 sdm kenari kupas cincang
5 sdm kismis, rendam dalam air panas
1 sdm kayu manis bubuk


cara buatnya :
Larutkan terigu dan susu kental manis. Tuangi air sedikit-sedikit, masukkan kelapa muda.

Kocok kuning telur, gula dan vanilla. Masukkan adonan kelapa, jerang di atas api hingga kental kurang lebih 10 menit.

Tuang ke dalam pinggan tahan panas yang sudah dioles dengan mentega.

Kocok putih telur, garam dan gula ekstra hingga agak kaku. Tuang diatas adonan kelapa. Taburi kenari cincang, kismis dan kayu manis bubuk.

Panggang dalam oven dengan suhu 180C selama 15-20 menit.
*kali swatu waktu sempet buwat, ada resep yang bisa diliat, thanks to you*

Saya ngidam makan kue ini sejak dgr rekomen dari kaka yang lagi dinas di Manado, minta di kirimin engga mungkin, soalnya sejenis kue basah. Ga bisa tahan lama. Sejak saat itu, saya masih berusaha mencari di Malang, jual klapertaart buwatan asli Manado dimana yaaa??

Suatu saat ketika saya membawa lappie ke service center, ngelewatin depan Rumah Makan khas Manado. Secara temen yang anterin juga hobi kulineran, saya ajakin suatu saat nyoba makan disana (wkt itu lagi terburu2), trus dia bilang kalo ga jauh dari kosannya ada tempat makan khas masakan Manado, dari kue bawang (yang enak) sampek bubur manado (ada istilahnya kok, lagi2 lupa). Kebeneran suatu waktu temen ini maw ke warnet yang deketan sama rumah makan itu, kami mampirlah...
Dan taraaaaaaa.... mata saya terbelalak melihat klapertaart *wink wink* tidak sedang tertata rapih diatas meja, ada yang dibuat di wadah kecil, besar, dari harga 3ribuan sampek 35ribu. Untungnya saat itu masih belum terlalu siang, dan klapertaart masih ada yang tersisa dari pesanan ibu2 arisan. Fiuh! tanpa pikir panjang, saya beli 2. buwat cobaa...
Enak, dan sangat berpotensi menambah berat badan. hahaha... :):) secara ya, liat aja ingredients yang saya bold. Yang jelas makan ini bisa bikin manis, hihi... Pokoknya, enak banget lahh..

Trus..saya juga nyari yang namanya Panada, semacam roti goreng yang modelnya mirip pastel tapi isinya ikan tuna. Ini salah satu favorit saya kalo di rumah. Tapi sayang, lagi habis, dan emang paling laris manis. huhu..

Sebagai salam perkenalan, si ibu yang lagi sibuk bikin roti pao, mempersilahkan menyicip kue bawang, yang enak banget, mahal pulak! untungnya kali ini gratis.(bener juga, ada harga, ada rasa). Welcome snack yang sangat enak! :)

Intinya, jadilah saya menyicip klapertaart, dan hasilnya, emang enak banget :)

Tidak ada komentar: