18.11.08

Liputan Kuliner


Belakangan sering banget nyamperin t4 makan, acara traktiranlah, sekedar nyari t4 makan baru lah, apalagi kmaren bokap sempet maen ke Malang. Alhasil dapet beberapa cerita tentang t4 makan yang asik di Malang.

Lets start dengan Ikan Segar Galunggung, biasa disingkat ISG. Pertama kali ke t4 makan ini bareng bokap sama adek, tepatnya taun lalu, waktu itu baru nganter adek ke dokter gigi, yang letaknya di sekitaran Dieng. Setelah kelar periksanya, kita engga tau mau ke mana (selalu saja), alhasil kita mutusin buwat jalan aja sampek capek (ga jelas banget kan?), pas jalan2 gitu, nemulah Rumah Makan ini. Seperti namanya, ISG ini emg nyediain makanan dengan lauk yang berbau ikan segar gitu (ya iyyalah..) dan yang aku selalu suka dari RM yang nyediain menu khusus ikan segar adalah, di pintu depan sebelum masuk RM, kita bisa milih ikan mana yang akan dipesan (aku selalu suka bagian ini). Ada macem2, tapi yang paling favorit adalah Kakap Merah (haha…). Aku paling sering nyari ikan ini kalo masuk RM yang nyediain masakan ikan segar. Setelah itu bisa milih, ikannya mau diapain?? (biasanya si di bakar).

Lokasi ISG ini tepat di sebelah kiri IDP yang notabene t4 les ingris kita (aku, nia, enjel), di jalan Galunggung. Penataan rumah makannya sangat sederhana, yang aku tau, rumah makan ini cukup terkenal juga, sering jadi t4 makan artis kaeknya kalo ke Malang, secara gitu, di sepanjang dinding ruangan, dipajang poto dan tandatangan artis yang abis makan di ISG. Untuk makanannya, lumayan enak, kakap bakar bumbu kuning dan cah kangkung (pasangan yang klop kan??), harga?? Lumayan berat utk kantong mahasiswa sih.. ISG ini seringnya buwat makan2 acara keluarga (beberapa kali kesini, selalu saja ada yang makan bareng sekeluarga soalnya), hehe

Masih tentang rumah makan yang biasanya buwat kumpul keluarga, ada Inggil, letaknya di jalan Gajah Mada. Untuk sampek ke lokasi, harus ke Balaikota dulu, tepat sebelah kiri ada jalan kecil masuk, jalannya agak sepi, dan angkutan umum engga ada yang lewat situ, Inggil berlokasi tepat di depan Hotel Aloha (kalo ga salah inget si).

Makanan yang disediakan mostly adalah ikan-ikanan (lagiiii…!), dari gurami, kakap merah, kakap putih, ada juga cumi, kepiting, udang, tapi sekalipun aku paling suka makan ikan kakap, di Inggil, menu lauk favoritku adalah sate ayam! Enak, banget! Maknyus sodara-sodara! Haha… pernah mesen kakap merah asam-manis, sayangnya, ikannya engga segar. Oiya, ada cerita dengan ikan kakap merah asam manis.

Pas pertama kali ke Inggil berdua bareng ka Uq, dalam rangka traktiran karena aku lupa bawain pesenannya dia dari makasar pas balik kmaren. Untung saja dia tau t4nya, secara aku juga baru tau Inggil dari goggling di internet (haha..segitunyaa..). nah, pas mesen gitu, karena aku sudah kangen makan kakap, aku pesenlah kakap asam-manis 1 porsi + cah kangkung (percayalah!! Cah kangkungnya enak!!!) + aer mineral + jus semangka (yang notabene agak susah dicari). “kakapnya 6 ons ya mbak” gitu bapak pelayannya bilang. Aku ngangguk2 aja, secara emg lagi pengin, ga peduli ah ons2an. Ka uQ cuman senyum2 aja. Trus dia mesen gurami bakar 1 porsi. Tidak beberapa lama, bapak pelayan yang tadi dateng lagi “mbak, kakapnya 7 ons ya..” aku cuek aja bilang “oiya, gpp pak.” Ka uQ senyum2 aja. Aku sempet nyeletuk sih, 7 ons itu seberapa gedenya yak?? Ka uQ tetep senyam-senyum aja.

Tidak perlu nunggu lama, pesenan udah datang, dan yang pertama datang si minum2annya, trus kakapnya dateng dah tuh. Ka uQ ngeliyat langsung ketawa ngeledekin aku. Makan dah tuh 7 ons, sendiri. Anjriiit! Gede banget untuk dimakan sendiri. Buset! Aku cuman ketawa2. Haha… ka uQ langsung bilang “tadi pas maw jemput, Yasin maw ikut, tapi aku ga enak sama kamu, dia bareng ceweknya”. Aku kontan bilang “lah, kok ga diajakin aja…. telpon aja skrg! Suru kesini, bilang banyak makanan, secara ni kakap gede banget, makan b2 juga masi sisa keknya, trus ada gurami lagii..” alhasil, 15 menitan, ka Yasin datanglah sama cewenya, dan kita makan bersama. Pelajaran kali itu, inget! 7 ons gede lho utk ukuran ikan!!

Well, kali ini bagian paling menyenangkan dari t4 makan ini, suasananya, interiornya jaman dahulu banget. Ada batu bata dah tuh di tempel2 ditembok, dikasi keterangan tu batu2 jaman kapan aja, ada pecahan2 kendi, ataw keramik apa gitu, trus ada radio2 jadul, setrika yang masi pake bara (buset!), persis seperti museum sejarah gitu. Trus ada live musicnya!!! Yang aku suka, sekalipun agak berbau2 javanese, tapi live musicnya untung saja bukan lagu2 jawa, kalo sinden, mampus dah saya! Saya pasti akan segera menyelesaikan makan, dan cabutt! (mana tahan???). live musicnya asik, lagu2 jaman2 baheula juga, lagu2 country, dsb. Asik, terlebih suasananya tenang, pelayannya ramah banget, oiya, pencahayaannya juga di buwat remang2.

Karena cirri khas dari Inggil yang “antik”, maka ga jarang turis2 kalo ke Malang biasanya mampir sini, engga hanya lokal, interlokal juga ada.

Soal harga, fair enough untuk makanan enak dan suasanya yang cozy. Oiya, kalo kesana, prefer jam 7an ke atas, Live music baru mulai jam 7 malem soalnya, dan percayalah, bikin betah, kita aja kmaren kesana sampek jam 9 baru balik, padahal udah disana dari jem setengah 7. Hohoho…

Tadi baru pulang dari les agak maleman, dan sempet banyak keluhan2 dari nia, enjel, dan aku (tentunya), then we’d better find some place to…maybe just talking. Dan secara suka nyari2 t4 baru, terpilihlah emm…kafe kayaknya, judulnya KINGDOM. Mirip foodcourt sih.. letaknya tepat di sebelah kiri pintu barat Univ Negri Malang. Tempat makan ini sebenernya udah sering banget dilewatin, kalo kmana2 gitu, cuman engga pernah sempet terpikir untuk singgah, sekedar mencicipi. Secara, t4nya lebih sering terlihat sepi, kadang kalo ada orang juga mostly Chinese. Untuk anak mahasiswa, kadang tiba2 bisa mikir, wah..pasti mahal ni disini. Tapi tadi kita sempetin buwat mampir kesana, nyoba aja.

Oiya, saya tadi bilang mirip foodcourt karena ragam makanan yang ditawarkan juga banyak, dan tadi pilihan jatuh pada sop buntut, bebek goreng kingdom, dan nasi bakar ayam jamur. Dan komentar dari kita2 adalah “enak!”. soal harga, worth the taste. Lumayan…

Untuk suasananya lumayan tenang, secara yang makan disini juga jarang, sepi, dan u know the playlist backsound is “kita banget” (what is it in English??). makanya betah aja nangkring disitu. Ada free wi fi juga, sayangnya pas kesana tadi engga sempet online, sibuk ngobrol sesuatu yang sedang mengganggu pikiran sodari kita nia.

Well, u know, t4 makan itu akan jadi salah satu t4 nongkrong yang asik, secara adem dan tenang, serta sangat dekat untuk dijangkau (dari kos2an). Trus, banyak menu es krim nya. :D

Tidak ada komentar: