14.1.09

Anger Management*

Gimana si cara mengontrol emosi??? Sepertinya perangkap emosi bener2 udah menjeratku erat-erat. Hehehe.. Belakangan bawaannya gampang banget marah, uring2an, suka berlebihan menanggapi kekecewaan. Dan bahkan hal2 kecil seperti : bokap nyuruh orang ngirim paket ke saya, dan paketnya sudah 3 hari belom sampek2, padahal saya sudah pesan agar paketnya dikirim pake kilat khusus! huuuuuh! emosi banget pas ditanya "paketnya sudah sampek??", padahal baru saja beberapa menit yang lalu saya menelpon2 ke rumah tapi tidak diangkat, mau nanya itu juga sih. Saya sampek ngomel2 engga jelas, bokap cuman bilang : besok sampek itu... semoga saja, padahal sebenernya engga mendesak2 banget sih, cuman saya aja yang bawaannya emosiii aja kalo ada apa2.

Temen2 juga sepertinya bisa menilai kalo saya orangnya gampang banget emosian, dan agak2 vokal. Misalnya ni ya.. kita2 lagi mao karokean, pas dianter ke roomnya, tipi belon nyala, dinyalain, yang ada malah siaran tipi, sinetron, dan siaran laennya yang muncul kalo coba mindah channel, abis itu temen langsung deh ngadu ke mas-mas nya, dia coba benerin, dari gonta-ganti channel juga (yaelah..), trus coba benerin kabelnya, masi juga ga bisa2, trus dia keluar, dateng lagi bawa remote yang beda, coba ganti channel lagi, tetep juga ga bisa. Temen2 yang laen cuman sabar aja duduk ngeliyatin, aku yang ada malah bilang "yawdah mas, kita nonton sinetron aja, gpp". Usut punya usut, blakang baru taw kalo mas-mas yang dari tadi dikira roomboy itu ternyata menejer disana. wkekekeke.. *peace*

Apalagi kalo mulai ada orang yang rese, kalo lagi ga mood bisa ku sanggah aja omongannya langsung dihadapan orangnya. Kok jadi ikutan rese gini yah saya??? Yang kasian si, mbak2 ataw mas2 yang jualan, kalo misalnya pesenanku tidak sesuai sama yang dipesen, ataw sekedar engga dikasi saos-ketchup pas makan di McD. Bah! parah bener.

D'oh, suka tiba2 nangis juga kalo crita sama bokap soal keselnya saya menghadapi dosen (lagi lagi dan lagi), ga taw bawaannya jadi sediih banget, padahal malu juga lagi ngobrol denger nasehat bokap malah nangis, cengeng bener, he eh, saya memang anak yang cengeng, jarang yang taw itu, makanya saya suka sering menghindari perihal episode-episode kritikan ataw sharing sama temen2, suka kebawa emosi, apalagi kalo sifat "arogan" ku di ungkit2, ataw kelemahan laen yang antipati lah, yang terlalu menganggap enteng lah, yang bahkan katanya punya benteng kehidupan dengan aura kehidupan yang segan untuk disentuh. D'oh, istilah dari mana lagi ituuu???

Anger management, anger management, anger management. Waktu pelajaran agama di SD dulu, diajarin cara meredam amarah : kalo lagi berdiri-duduk, kalo lagi duduk-berbaring, kalo tetep engga bisa-berwudhu, dan laksanakan sholat. Secara teori, hal itu saya ingat baik2, tapi secara implementasi, terlupakan mentah2.

Menurut sebuah situs luar negeri terkemuka, ada 7 cara mengatur emosi (anger management).
1. Sadari bahwa dirimu bermasalah dengan emosi (anger). Karena terkadang orang2 yang bermasalah dengan emosi tidak ingin mengakui bahwa mereka bermasalah dengan hal tersebut.
>>> Iya, saya sadar, saya punya masalah dengan 'very bad tempered'.

2. Berhenti, dan mulailah berpikir lebih luas. Take a deep breath, and see the problem such a big picture before you react. Pikirkanlah tentang dampak yang akan terjadi pasca overreact.
>>> Berhenti, dan melihat sesuatu yang dianggap masalah secara lebih luas, lebih banyak sudut pandang, lebih dan lebih positif. Huuuuff... bisa ga ya???

3. Perbedaan pendapat itu bukan masalah. Jadi jangan buat itu sebagai masalah. Orang2 dengan emosi yang buruk terkadang melihat sebuah situasi demikian sempit dan hanya dari dua sisi : hitam dan putih, baik dan buruk. Untuk itu penting untuk belajar menerima bahwa setiap orang berhak untuk memiliki opini subjektif, dan bukan justru tidak mau menerima pendapat orang lain.
>>> I've been trying to do so, and it work kok. Sekalipun cukup dengan mengatakan "ya, ya, ya" pada ketidaksetujuan ku atas pandangan mereka. hahaha.. paling tidak sesudahnya aku tidak marah ataupun memusuhi mereka kok ;)

4. Dengarkan. Jika sedang dalam situasi berdebat dengan seseorang, cobalah untuk mendengarkan, diam, dan dengarkan dengan seksama bagaimana dia melihat sebuah masalah yang ada. Berempatilah, dan cobalah untuk mengerti.
>>> Listen, ya, ya, ya, (ahahahaha....)

5. Have a support network. Sangat membantu dengan memiliki seseorang atau teman yang bisa diajak bicara mengenai hal2 yang membuatmu emosi. Berbicara dan mencurahkan semuanya akan lebih baik daripada memendamnya sendiri. Itu akan menyakiti.
>>> I have the best dadd :)

6. Buatlah sebuah "anger journal". Tulislah tentang setiap kemarahan (emosi) dalam sebuah jurnal khusus, hal ini akan membantu untuk lebih menyelami emosimu.
>>> tis blog is one of the victim. hehehe.. yah, bener juga si, mencoba menulis bentuk2 emosi yang muncul, sebaiknya tidak hanya hal2 besar saja, tapi juga dari hal2 kecil, soalnya perbaikan sebaiknya dimulai dari yang lebih kecil dulu (iya ga sih?? *sotoy mode : ON*)

7. Jangan terlalu diambil hati (Don't take it personally). Jika sedang dalam rangka perdebatan dengan seseorang, jangan terlalu diambil hati, cobalah untuk melihat sesuatu seobjektif mungkin, dari mana sesuatu itu memang harus dipandang, maka hal itu akan sangat membantu untuk menjaga emosimu tetap pada tempatnya.
>>> ehm, I always take something "it" personally, but I think I dont need to overtaking care of it ocassionally. Saya emang orang yang agak sensi banget, tapi saya selalu berusaha tidak terlalu mengambil pusing untuk hal2 yang ga gitu penting.


***
... well I guess it just suggest tat tis is just what happiness is ...
(^_^)v *peace*

..

Tidak ada komentar: